Ngantor sambil Bisnis

Photobucket

Senin, 18 April 2011

Sejarah Barcelona FC


Pada tanggal 29 Nopember 1899, Hans Gamper mendirikan Barcelona Futbol Club, ​​bersama dengan sebelas penggemar 'bola-kaki' lainnya, sebuah permainan yang masih belum diketahui di bagian dunia ini.

Dia tidak pernah bisa membayangkan bahwa  inisiatif  tersebut akhirnya akan berkembang menjadi sesuatu yang besar. Selama sejarah lebih dari seratus tahun, FC Barcelona telah tumbuh spektakuler di setiap daerah dan telah berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dari sebuah klub olahraga semata, mengubah slogan Barca 'lebih dari sebuah klub' menjadi kenyataan.

Barca telah menjadi, bagi jutaan orang di seluruh dunia, simbol identitas mereka, dan bukan hanya dalam arti olahraga, tetapi juga dari segi masyarakat, politik dan budaya. Sepanjang masa yang paling sulit, Barca adalah standar yang diwakili Catalonia dan keinginan orang-orang Catalan untuk kebebasan, sebuah simbolisme yang terus berhubungan erat dengan keistimewaan dari Klub dan para anggotanya untuk hari ini. Dalam konteks Spanyol, Barca dipandang sebagai klub terbuka dan demokratis. Dan di seluruh dunia, Barca diidentifikasi sebagai penyebar  kepedulian,  terutama kepada anak-anak melalui perjanjian sponsor dengan Unicef.

Sepanjang abad, FC Barcelona telah melewati saat-saat kejayaan dan rasa sakit, periode kecemerlangan dan yang kurang sukses, kemenangan epik dan kekalahan yang merendahkan. Tapi semua momen yang berbeda telah membantu mendefinisikan kepribadian sebuah Club yang, karena sifatnya aneh, adalah dianggap unik di dunia.

Dengan lebih dari seratus tahun sejarah, sudah banyak periode yang berbeda, baik dalam arti sosial dan olahraga. Pada tahun-tahun awal (1899-1922), dari pendirian klub sampai ke pembangunan stadion Corts Les, Barca adalah klub yang harus membedakan dirinya dari semua tim sepak bola lain di Barcelona, ​​sampai pada titik dimana klub Barca dapat diidentifikasi dengan kota secara kesatuan. Barca segera menjadi klub terkemuka di Catalonia, dan menghubungkan dirinya rasa identitas nasional Catalan yang tumbuh dengan pesat .

Dari Corts Les ke Nou Camp (1922-1957), klub melalui periode yang kontras. Keanggotaannya mencapai 10.000 untuk pertama kalinya, sementara sepak bola berkembang menjadi sebuah fenomena massa dan berubah menjadi profesional, dan ini adalah tahun dimana muncul tokoh legendaris seperti Alcantara dan Samitier. Namun karena kesulitan bahan dan masalah politik Perang Saudara Spanyol dan periode pasca-perang, klub ini dipaksa untuk mengatasi keadaan buruk, termasuk pembunuhan presiden Josep Sunyol pada tahun 1936, orang yang yang telah menyebarkan slogan ' olahraga dan kewarganegaraan '. Tapi klub ini berhasil melewati itu , dan masa pemulihan sosial dan olahraga itu diwujudkan dalam bentuk Nou Camp, bertepatan dengan kedatangan Kubala Ladislau yang sangat berpengaruh.

Dari pembangunan Nou Camp untuk ulang tahun ke-75 (1957-1974), Barca mendapatkan hasil biasa-biasa saja tetapi ber konsolidasi sebagai suatu entitas, dengan keanggotaan yang terus meningkat dan pemulihan yang lambat tapi stabil, dalam menghadapi kesulitan, dari identitasnya. Sebuah sensasi yang sangat jelas yang dinyatakan untuk pertama kalinya dalam kata-kata 'Barca, lebih dari sebuah klub' dicanangkan oleh presiden Narcis de Carreras. Dimana Dewan yang dipimpin oleh Agusti Montal membawa pemain ke Barcelona yang akan mengubah sejarah klub, Johan Cruyff.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan posting komentar anda